17
Okt
10

Sekilas tentang Kejahatan Kesusilaan

Sebagian masyarakat masih salah memahami beberapa hal yang berkaitan dengan kejahatan terhadap kesusilaan, khususnya mengenai persetubuhan dengan seorang wanita. Banyak yang menyangka bahwa berhubungan kelamin dengan perempuan di luar perkawinan, khususnya dengan perempuan yang belum berumur 15 tahun, asal suka sama suka tidak ada masalah. Pendapat seperti itu jelas tidak benar, karena hukum kita mengatur larangan-larangan yang berkaitan dengan hal ini.
Saya hanya membahas persoalan ini dari sisi hukum pidana di Indonesia saja, dari sisi yang lain misalnya agama atau ilmu-ilmu sosial lainnya, tentu banyak orang lain yang lebih berkompeten untuk membahasnya.
Kejahatan terhadap kesusilaan diatur dalam Bab XIV KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana), bukan “Kasih Uang Habis Perkara” hehehe…
Dalam Bab itu, antara lain diatur mengenai kejahatan perzinahan, perkosaan, pencabulan dan lain-lain.
Pasal 287 berisi tentang larangan bagi seseorang untuk bersetubuh dengan seorang wanita dilular perkawinan, padahal diketahuinya atau sepatutnya harus diduga bahwa umurnya belum limabelas tahun, atau kalau umurnya tidak jelas, bahwa berlum waktunya untuk dikawin. Orang yang melakukan perbuatan ini dapat diadukan oleh korban atau pihak yang berhak mewakilinya ke pihak Kepolisian untuk dimintai pertanggung jawaban secara pidana.Atau, anda bisa juga langsung diproses tanpa ada pengaduan, jika umur perempuannya belum 12 tahun atau jika perbuatan itu mengakibatkan luka-luka berat.
Ancaman hukuman untuk kejahatan seperti ini juga tinggi, 9 tahun. Karena itu yang dituduh melakukannya bisa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan atau selama proses persidangan di pengadilan.
Ada juga yang lain, pasal 290 ayat (2) . isinya begini “barangsiapa melakukan perbuatan cabul dengan seorang padahal diketahuinya atau sepatutnya harus diduga bahwa umurnya belum lima belas tahun atau kalau umurnya tidak jelas, yang bersangkutan belum waktunya untuk dikawin”
Jadi jangan dikira, perbuatan cabul atau persetubuhan yang dilakukan suka-sama suka antara laki-laki dengan perempuan yang usianya belum lima belas tahun itu tidak dilarang. Yang suka sama suka saja dilarang, apalagi dengan ancaman atau dengan kekerasan, ya lebih gawat lagi ancaman hukumannya, seperti yang di atur dalam Undang-Undang Perlindungan Anak No 23 Tahun 2002.
Nah, setelah kejadian baru nyesel…ternyata suka-sama suka nggak selalu menyenangkan, malah jadi nginep beberapa lama di hotel prodeo.
Semoga bermanfaat
Semarapura 11 Oktober 2010


1 Response to “Sekilas tentang Kejahatan Kesusilaan”


  1. 1 uki
    Oktober 31, 2012 pukul 2:54 am

    terus berkarya anak bangsa, walau hanya setetes tinta,,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: