18
Jan
10

Misi penegakan hukum tahun 2010 : Melepaskan diri dari bayang-bayang masa lalu (catatan progresif awal tahun)

Salah satu persoalan penting yang menjadi perhatian sepanjang akhir tahun 2009 adalah bagaimana menciptakan gerakan penegakan hukum di tahun 2010 yang lebih baik, lebih berani dan lebih berbahaya dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Gejala-gejala sosial yang terjadi sepanjang tahun 2009 semakin membuka hati kita bahwa diperlukan semakin banyak gerakan luar biasa dari para penegak hukum, untuk meningkatkan keahilan dalam menerapkan hukum dan meningkatkan ketaatannya pada kode etik profesi.

Harus disadari bahwa persoalan yang terjadi selama ini bukan disebabkan semata-mata karena tidak ditegakkannya rule of law tetapi juga kurang dihayati dan diterapkannya rule of ethic sebagai modal utama untuk mengembalikan kepercayaan publik kepada institusi penegak hukum.

Selain itu, salah satu kelemahan kita adalah merasa terlalu canggung untuk memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan di masa lalu. Kegiatan-kegiatan membengkokkan aturan yang selama ini dilakukan dan telah menguntungkan banyak pihak, disadari atau tidak telah membentuk ikatan yang kuat, sehingga bagi sebagian orang sulit untuk melepaskan diri dari ikatan itu. Bayang-bayang kesalahan di masa lalu ini merupakan salah satu hambatan utama bagi masa depan penegakan hukum di negara kita.

Menurut saya, setidaknya ada dua hal yang mempengaruhi kenapa sebagian penegak hukum merasa berat untuk melepaskan diri dari bayang-bayang masa lalu ini. Yang pertama adalah ketergantungan terhadap keuntungan yang diperoleh dari keburukan sistem yang telah terbentuk dari kesalahan itu. Yang kedua adalah adanya ketakutan menghadapi ketidak harmonisan hubungan antar instansi penegak hukum jika kerusakan ini diperbaiki.

Tujuan penting dalam konteks penegakan hukum adalah sangat jelas, yakni kedamaian dan ketentraman dalam masyarakat. Tujuan ini akan bisa dicapai dalam waktu yang tidak terlalu lama jika gerakan-gerakan awal untuk memperbaiki sistem segera dilakukan secara konsisten oleh individu-individu tanpa menunggu komando.

Sebagian besar dari kita pada dasarnya tidak ingin hidup dalam tekanan, tidak ingin menjerumuskan dirinya kedalam konflik. Ada yang mengatakan bahwa “hidup ini sudah susah, kenapa dibikin susah lagi?”

Berusaha hidup dalam tekanan seminimal mungkin adalah hak kita masing-masing, namun perlu juga dipahami bahwa, ketika kita memilih menceburkan diri kedalam wilayah pelayanan publik, maka tujuan kegiatan kerja kita adalah terciptanya keadaan dimana masyarakat puas dengan pelayanan yang kita berikan. Perbaikan kualitas pelayanan publik adalah pekerjaan utama kita kedepan.

Kita harus berani melepaskan diri dari bayang-bayang kesalahan masa lalu dan memulai sesuatu yang baru yang lebih baik, sehingga layak menjadi contoh bagi generasi selanjutnya. Mencetuskan ide-ide pembaharuan bagi sistem yang sedang berjalan sebaiknya menjadi sebuah kebiasaan tanpa harus merasa canggung dengan dengan lingkungan sekitar.

Menumbuhkan penegak-penegak hukum yang idealis dalam kondisi yang serba terbatas dan sulit, jangan lagi dianggap sebagai mission impossible melainkan harus diposisikan sebagai prestigious mission, dengan semangat, kemauan dan keyakinan dalam memperjuangkan perubahan.

Semuanya untuk kepentingan bangsa dan negara, agar wajah penegakan hukum kita menjadi lebih cerah di masa depan.

Selamat berjuang.

Waingapu, 16 Januari 2010


2 Responses to “Misi penegakan hukum tahun 2010 : Melepaskan diri dari bayang-bayang masa lalu (catatan progresif awal tahun)”


  1. Februari 19, 2010 pukul 1:10 pm

    Mau sih menganggap sebagai prestigious mission, cuma jadi suka skeptis karena kejadian yang sudah2. Bukannya impossible, cuma it’s really hard to believe that law enforcement can be implemented in our beloved country. Blognya dilengkapi dunk pak (dan ibu)😀 …. mampir ya ke blog ku…isinya lebih santai🙂

    • 2 darpawan
      Maret 25, 2010 pukul 8:04 am

      Sampai saat ini saya tetap yakin bahwa optimisme dan kerja keras pasti mendekatkan kita pada tujuan. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya..🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: