22
Agu
09

Pelajaran berharga dari sebuah kompetisi

Pelajaran berharga dari sebuah kompetisi

Anda tentu pernah mengalami suatu peristiwa dimana anda harus bertarung dengan orang lain untuk suatu tujuan yaitu juara!

Suatu kompetisi kejuaraan memerlukan kesiapan mental, siap menjadi juara atau siap untuk kalah. Dalam suatu kejuaraan nggak ada yang mau kalah…sehingga seseorang harus mempelajari kelemahan lawan dan mengasah kekuatannya untuk menyerang kelemahan lawan.

Suasana kompetisi yang sehat adalah bisa menerima kekalahan dan mengakui keunggulan lawan. Menerima kekalahan adalah hal yang tersulit dan sebaliknya menikmati kemenangan sungguhlah sesuatu yang sangat menyenangkan. Tapi apakah mengangkat piala juara adalah segala-galanya? Tidak..!! menjadi juara adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah kompetisi tetapi ia bukan segala-galanya…. yang paling penting adalah kesadaran bahwa setiap kemenangan dan kekalahan sama pentingnya.

Kekalahan memberikan pelajaran bagi kita bahwa lawan telah berhasil menggunakan kekuatannya untuk menyerang kelemahan kita dan sebaliknya kemenangan memberikan pelajaran bahwa kita berhasil menggunakan kelebihan kita untuk menyerang kelemahan lawan.

Seorang juara sejati bukan orang yang tidak pernah kalah, tetapi seorang juara sejati adalah orang yang sadar akan setiap kelebihan dan kelemahannya sehingga ia tidak pernah kehilangan motivasi untuk terus meningkatkan kemampuan.

Memupuk mental juara dan perilaku sportif akan memberikan manfaat yang dirasakan lebih lama baik bagi dia sendiri atau orang lain daripada hanya sekedar ingin jadi juara….

Waingapu, 20 Juni 2009


2 Responses to “Pelajaran berharga dari sebuah kompetisi”


  1. 1 lawliet90
    Agustus 22, 2009 pukul 12:52 pm

    nice😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: